tag
Mobil
Formula 3 Eropa

Sean Gelael Nyaris Raih Poin di Moskwa

Senin, 14 Juli 2014 21:28 WIB
Sean Gelael gagal raih angka ketika membalap di Moscow Raceway Motorway, Moskwa, Rusia.
  • Sean Gelael Nyaris Raih Poin di Moskwa
    ISTIMEWA

    Sean Gelael

  • Sean Gelael Nyaris Raih Poin di Moskwa
    Herry Ibrahim/INDOSPORT

    Sean Gelael

  • Sean Gelael Nyaris Raih Poin di Moskwa
  • Sean Gelael Nyaris Raih Poin di Moskwa
Pebalap Indonesia, Sean Gelael, terus mengembangkan kemampuan membalap ketika berlomba di Moscow Raceway, Moskwa, Rusia, Minggu (13/07/14). Di sirkuit itu, Sean hampir memperoleh tambahan poin pada sesi balapan terakhir Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa.

Pebalap berusia 17 tahun itu terpaksa masuk pit selama tiga balapan, Minggu kemarin. Pada lap terakhir race ketiga, Sean berada pada posisi ke-11, terpaut 0,7 detik dari pebalap terakhir yang mengais poin.

 Ini pekan berat bagi Sean yang gagal mendapatkan hasil maksimal dengan menggunakan ban baru pada sesi latihan. Penyebabnya, pedal gas (throttle) tunggangan Sean terus terbuka. Dia pun menjalani kualifikasi tanpa performa maksimal.

“Saya tidak sesiap seperti apa yang saya harapkan. Begitu banyak hal yang salah dan karena itu saya mengemudi dengan kurang konsisten. Catatan waktu yang kurang baik pada saat latihan dengan ban baru memang membuat perbedaan sampai titik tertentu, tetapi performa  saya tidak seperti yang saya inginkan,” tutur Sean.
 
Dia melakukan start dengan baik pada balapan pertama, di mana dia berhasil melesat dari posisi ke-18 menjadi 15. Tapi, Sean dikenai hukuman drive through melalui pit karena dianggap melakukan jump start. Sean pun tertinggal jauh di belakang, namun dia masih berusaha mengejar dan mampu membukukan waktu cepat selama beberapa lap.
 
Pada race kedua, Sean kembali naik dari posisi ke-20 menjadi 17, sebelum  tunggangan bagian kiri belakang ditabrak oleh  Roy Nissany pada lap kelima. Sean pun masuk setelah kendaraannya diduga mengalami kerusakan. Setelah itu, Sean kembali melesat kembali ke lintasan.
 
Start luar bisa pada race ketiga membuat Sean merangsek dari posisi ke-18 memjadi 13. Namun, Sean kembali dinilai melakukan jump start dan dihukum drive through. 

Posisi Sean melorot ke posisi ke-18, namun dia tertolong setelah safety car masuk ke lintasan menyusul terjadinya kecelakaan. Para pebalap kembali berada dalam satu rombongan besar. 

Pada tahap itu Sean kembali berada pada posisi ke-13 dan terus berada pada posisi ke-11 saat melintasi garis finish.
 
"Kecepatan saya saat race cukup bagus. Saya melakukan start dengan baik dan berhasil meraih posisi yang baik, sayang itu harus lepas karena hukuman penalti," beber Sean Gelael.
 
“Aksi terbaik terjadi di saat akhir race ketiga. Ada lima pebalap yang saling susul menyusul setelah safety car keluar, saya ke kanan, ke kiri, dan kembali ke kanan tepat di belakang rekan satu tim saya, Antonio Giovinazzi.  Saya melakukan itu dan berhasil naik beberapa posisi," tandas Sean.


Penulis : Zainal Hasan
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Formula 3 #Sean Gelael
  • comment
Artikel Terkait
Komentar