tag
Motor
MotoGP Jerman 2014

Rekor Baru (Lagi) untuk Marc Marquez

Minggu, 13 Juli 2014 20:11 WIB
Marc Marquez jadi pebalap termuda yang mampu menjadi kampiun sembilan seri beruntun MotoGP.
  • Rekor Baru (Lagi) untuk Marc Marquez
    Getty Images

    Marc Marquez sukses jadi kampiun MotoGP Jerman 2014 di Sirkuit Sachsenring, Minggu (13/07/14).

  • Rekor Baru (Lagi) untuk Marc Marquez
    Getty Images

    Marc Marquez menjadi kampiun MotoGP Jerman 2014 di Sirkuit Sachsenring, Minggu (13/07/14).

  • Rekor Baru (Lagi) untuk Marc Marquez
  • Rekor Baru (Lagi) untuk Marc Marquez
Marc Marquez sukses menjadi kampiun untuk kesembilan kali dalam seri MotoGP musim ini. Minggu (13/07/14), Marquez berhasil menjadi yang terdepan di Sirkuit Sachsenring, arena MotoGP Jerman 2014.

Pemandangan lain dari biasanya terjadi pada awal balapan yang berkondisi trek basah. Hanya tiga pebalap yang memulai dari belakang garis start, sementara sisanya mengawali lomba dari pit, termasuk Marquez, Dani Pedrosa, dan Valentino Rossi. Semuanya berganti tunggangan dengan ban basah.

Dari kekacauan start dari pit lane, pebalap tuan rumah, Stefan Bradl, berhasil mencuri posisi terdepan. Marquez sukses keluar jadi pebalap pertama yang keluar dari pit lane, namun dia hanya berada pada urutan ke-10, disusul Pedrosa (ke-11), Rossi (12), Aleix Espargaro (13), Bradley Smith (14), dan Jorge Lorenzo.

Bradl sebenarnya unggul 4,1 detik atas Marquez, namun itu tak berlangsung lama. Apalagi, Pedrosa mampu melesat 2,4 detik lebih cepat dari Bradl. Duo pebalap Honda itu langsung melejit pada posisi ketiga dan kelima.

Keunggulan Bradl atas duo pebalap Repsol honda terpangkas ketika melewati Waterfall untuk keenam kali. Sebelumnya, jeda Bradl dengan Marquez tinggal 2,7 detik dan Pedrosa menguntit di belakang rekannya dengan jeda waktu 0,3 detik pada posisi ketiga.

Marquez akhirnya mampu memimpin pada tikungan terakhir dan Bradl pun juga disusul Pedrosa. Dua pebalap Repsol Honda itu hanya berselisih 0,7 detik dan berada di urutan terdepan. 

Marquez menorehkan waktu tercepat lagi pada lap ke-11. Lelaki berusia 21 tahun itu hanya 0,6 detik di depan Pedrosa dan lima detik atas Lorenzo. Rossi berada di belakang Jorge dengan jeda waktu 1,5 detik.

Posisi Rossi sempat terancam oleh Andrea Iannone yang berada pada posisi kelima. Keduanya hanya dibedakan waktu 1,1 detik.

Enam lap terakhir, Pedrosa masih menguntit Marquez. Dua pebalap Honda hanya berbeda 1,8 detik. Namun pada lap ke-26 dari total 30, Pedrosa berhasil memangkas jarak menjadi 1,2 detik.

Susunan pebalap terdepan tak berubah hingga lap terakhir di Sachsenring. Marquez unggul 1,4 detik di depan Pedrosa.

Dia pun menjadi rider termuda yang pernah menjuarai sembilan seri MotoGP secara beruntun. Marquez memecahkan rekor Mike Hailwood yang bertahan sejak 1964. 

Saat itu, Hailwood membukukan prestasi pada usia 24 tahun 86 hari. Marquez telak mempertajam rekor itu pada usia 21 tahun 146 hari. 

Dimanakah posisi Stefan Bradl yang sempat memimpin balapan saat start? Pebalap Jerman itu harus puas pada posisi ke-16 alias 53 detik di belakang Marquez. 

Berkat kemenangan kelima beruntun di Sachsenring, Marquez memperlebar jarak di puncak klasemen pebalap. Dia kini unggul 77 poin (lebih dari 3 race) atas Pedrosa yang menghimpun 148 poin. 

 

10 Besar Pebalap MotoGP Jerman 2014
1. Marc Marquez
2. Dani Pedrosa
3. Jorge Lorenzo
4. Valentino Rossi
5. Andrea Iannone
6. Aleix Espargaro
7. Pol Espargaro
8. Andrea Dovizioso
9. Alvaro Bautista
10. Cal Crutchlow


Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Marc Marquez #Valentino Rossi #Jorge Lorenzo #Dani Pedrosa #MotoGP
  • comment
Artikel Terkait
Komentar