tag
Mobil
Kualifikasi GP Monaco

Rosberg Gusur Hamilton

Minggu, 25 Mei 2014 00:45 WIB
Bibit perseteruan Hamilton dan Rosberg kian tumbuh pasca insiden GP Monaco.
  • Rosberg Gusur Hamilton

    Nico Rosberg ingin raih gelar kedua di musim ini bersama Mercedes.

Minggu (25/05/14), pebalap Jerman, Nico Rosberg, merebut posisi start terdepan secara kontroversial di Grand Prix Monaco , setelah terjadi insiden yang menipiskan peluang rekan setimnya di Mercedes sekaligus pemuncak klasemen Lewis Hamilton untuk mengalahkannya.

Para steward membuka penyelidikan setelah Rosberg, yang telah mencatatkan waktu tercepat, mengunci ban depan pada jalan menurun menuju Mirabeu dan mengarahkan mobilnya ke jalur "escape" pada detik-detik genting sebagai upayanya menghindari dinding pembatas.

Kesalahan tersebut membuat bendera kuning berkibar pada momen-momen krusial di kualifikasi. Hamilton, pemenang pada empat balap terakhir, lebih cepat pada sektor pertama namun ia harus turun ke urutan kedua di posisi start setelah catatan lap terakhirnya digugurkan.

"Saya pikir ini sudah usai," kata Rosberg sambil tersenyum, pemenang tahun lalu sekaligus rekan satu tim Hamilton, kepada para pewarta.

"Saya senang hal ini bekerja dengan baik. Posisi start terdepan di kampung halaman merupakan hal yang fantastis. Tentu saja saya menyesal atas apa yang terjadi pada Lewis. Saya tidak tahu di tepatnya ia berada. Namun sekali saya berbalik, saya tidak melihat ada orang yang datang. Tentu saja, ini tidak hebat, namun inilah yang terjadi," tambah dia.

Hamilton berkata, sambil tersenyum pahit, ini merupakan hal yang ironis bagi rekannya untuk mengamankan posisi start terdepan dengan cara seperti itu dan bahwa ia hanya terpaut sepersepuluh detik.

"Saya memeuhi target, yup," ucapnya mengenai lap yang dibatalkan.

Insiden tersebut, dan tindakan para steward, membangkitkan kenangan terhadap posisi start terdepan Michael Schumacher pada 2006 ketika juara dunia tujuh kali itu memblok tikungan Rascasse dan mencegah pebalap Renault, Fernando Alonso, untuk melaju lebih cepat.

Setelah bermusyawarah selama berjam-jam, pebalap Jerman itu dinyatakan start dari posisi belakang karena "tindakan yang tidak sesuai." Rosberg mengatakan dirinya mengetahui perihal tikungan sulit itu dari sesi awal, dan hanya berusaha terlalu keras.

Hamilton, yang pada beberapa hari yang lalu mengatakan dirinya lebih lapar gelar daripada rekan setimnya itu, unggul tiga angka atas Rosberg setelah lima balap, yang semuanya dimenangi Mercedes dari posisi start terdepan.

Perseteruan terbuka di kubu Mercedes yang begitu dominan,membuat kedua pebalap ini merupakan objek pembicaraan di Formula 1, di mana semua mata mengamati tanda-tanda rivalitas sengit mereka.

 


Editor : Raditya Adi Nugraha

  • comment
Komentar