tag
Mobil
FIA Ubah Peraturan

Awak Media Haram di Pit

Rabu, 10 Juli 2013 16:53 WIB
FIA larang media meliput di pit saat lomba F1 berlangsung.
  • Awak Media Haram di Pit
Federasi Otomotif Internasional (FIA) memutuskan untuk melarang awak media berada dan meliput di area pit saat balap Formula One (F1) berlangsung, Rabu (10/07/13).

FIA mengeluarkan perubahan keputusan untuk mengurangi insiden kecelakaan saat di pit. FIA belajar dari peristiwa saat seri GP Jerman berlangsung, 07 Juli 2013.

Berdasarkan peraturan baru, FIA hanya mengizinkan anggota tim dan ‘marshals’ yang boleh beraksi di area pitstop saat qualifikasi dan lomba berlangsung.

Dengan peraturan baru, media yang punya akreditasi mengakses kegiatan di pit hanya hanya boleh meliput hingga hingga dinding pit selama qualifikasi dan lomba.

Tak hanya mengubah peraturan, FIA mengajukan usul kepada Dewan Olahraga Motor Dunia yang meminta personel tim harus memakai pelindung kepala.

Usul lain adalah pemintaan agar mobil yang melintas di mengurangi kecepatan dari 100 kilometer per jam menjadi 60 kilometer per jam saat memasuki wilayah pit.

Permintaan untuk mengurangi kecepatan tidak akan berlaku di beberapa sirkuit, seperti di Australia, Monako dan Singapura yang punya batas kecepatan pit hanya 60 kilometer per jam.

FIA berkaca pada kejadian ban belakang dari mobil Mark Webber yang terlepas usai pitstop pertama. Ban terbang dan menghantam kameramen dari manajemen F1 yang bernama Paul Allen.


Editor : Jhon Purba

  • comment
Komentar