tag
Mobil
Insiden Pirelli di Silverstone

F1 Inginkan Penjelasan

Senin, 01 Juli 2013 15:02 WIB
Tim-tim F1 dan FIA inginkan penjelasan insiden Pirelli segera.
Pirelli menjanjikan investigasi menyeluruh, menyusul pecah ban empat pebalap top Formula 1 saat GP Inggris, Minggu (30/06/13). Namun, pabrikan ban Italia itu harus beri penjelasan dulu kepada FIA.

Pirelli berjanji akan menyelidiki penyebab insiden pecahnya sejumlah ban di GP Inggris, Minggu (30/06/13). Penjelasan pertama Pirelli harus keluar dalam pertemuan dengan Komite Olahraga F1.

Pertemuan itu akan berlangsung pekan depan, untuk membahas penyebab pecahnya ban milik Lewis Hamilton, Felipe Massa, Jean-Eric Vergne, dan Sergio Perez.

Yang jadi pertanyaan adalah keempat pebalap itu mengalami pecah ban kiri belakang. Perez malah mengalami sampai dua kali. Yang pertama dia alami pada Jumat (28/06/13) di sesi latihan.

Para pebalap itu ingin mendapatkan hasil penyelidikan Pirelli, sebelum menanggung konsekuensi lebih buruk dari apa yang akan terjadi.

“Sesuatu masuk ke dalam ban, tertancap, dan keluar lagi beberapa saat setelah balapan. Apakah itu pecahan atau bekas pinggir sirkuit, sulit memastikannya,” sebut Paul Hembery.

“Poin penting adalah insiden itu tak ada hubungannya dengan masalah pelapisan kembali (delaminasi ), seperti dulu kala,” lanjut Direktur Motorsport Pirelli itu.

Hembery mengatakan hal itu saat Jumat sebelum start balapan. Seusai tanding, dia tak mau berspekulasi tentang insiden yang sama saat lomba.

“Jelas hari ini tak akan terlewatkan dari pengamatan kami, sesuai yang baru dan masalahnya berbeda. Kami sedang menganalisis,” tegas Hembery.

“Saat menemukan fakta, kami dapat memahami apa yang terjadi dan menuju inti permasalahan. Problemnya pada ban kiri belakang, jadi kami perlu menyelidikinya,” tutur dia lagi.

Sejumlah tim menginginkan jawaban masalah itu dengan cepat. Tapi petinggi tim McLaren, Martin Whitmarsh, menyatakan semuanya dapat menanti sampai GP F1 Jerman, pekan depan.

Dalam balapan itu, andalan Mercedes, Nico Rosberg, menguasai Sirkuit Silverstone. Pebalap Jerman itu hanya unggul 0,7 detik atas Mark Webber, andalan Red Bull Renault.

 

Lima Besar Pebalap GP Inggris 2013

1. Nico Rosberg (Jerman/Mercedes-Mercedes) 52 laps – 1 jam 32 menit 59,456 detik

2. Mark Webber (Australia/Red Bull-Renault) – selisih + 0,7 detik

3. Fernando Alonso (Spanyol/ Ferrari-Ferrari)  - selisih +7,1 detik

4. Lewis Hamilton (Inggris/ Mercedes-Mercedes) – selisih 7,7 detik

5. Kimi Räikkönen (Finlandia/Lotus-Renault) – selisih 11,2 detik

 

Klasemen 5 Besar Pebalap

1. Sebastian Vettel (Red Bull-Renault) – 132 poin

2.  Fernando Alonso (Ferrari-Ferrari) – 111

3. Kimi Räikkönen (Lotus-Renault) – 98

4. Lewis Hamilton (Mercedes-Mercedes) – 89

5.  Mark Webber (Red Bull-Renault) – 87

 

Klasemen 5 Besar Konstruktor

1. Red Bull Racing - 219 poin

2. Mercedes AMG Petronas F1 Team - 171

3. Scuderia Ferrari - 168

4. Lotus F1 Team - 124

5. Sahara Force India F1 Team - 59


Editor : Daniel Sasongko

  • comment
Komentar